Macam Macam Kebudayaan Korea Unik

Macam Macam Kebudayaan Korea - Ya, negara yang terkenal dengan industri hiburan serta kemajuan di bidang teknologinya ini memang tak henti-henti mengundang decak kagum masyarakat dunia. Bagaimana tidak? Di samping berhasil menghipnotis penduduk dunia dengan boy band dan girl band yang punya koreografi mahir, Korea Selatan juga memiliki kebudayaan unik yang mungkin tidak pernah terbesit di pikiran Anda sebelumnya.

Berbeda dengan Indonesia,Kebudayaan Korea Selatan bervariasi. Karena ada beberapa festival-festival yang hadir di Indonesia. Serta gaya hidup orang-orang Korea Selatan juga berbeda,bagi anda Kpopers atau ingin mengetahui kebudayaan Korea lebih dalam dapat membaca artikel menarik berikut ini.

Macam Macam Kebudayaan Korea

Kebudayaan Korea 


Sejarah Singkat Korea Selatan
Nama asli negara Korea ialah Taeha Min’Guk. Negara ini punya luas wilayah 98.400 km2 dengan jumlah penghuni sebanyak 48.289.037 jiwa. Bentuk negaranya republik dengan kepala negara seorang presiden, kepala pemerintahan perdana menteri, dan sistem pemerintahan presidensial terpusat.

Korea selatan beribukota di Seoul, lagu kebangsaan mereka adalah aegukga. Mereka menggunakan won sebagai mata uangnya. Mayoritas penduduk Korea Selatan menganut agama kristen, Buddha, dan Chongogyoisme.


Sistem Sosial Budaya Korea Selatan

a. Perkimpoian
Korea Selatan memegang teguh sistem patrilinial. Artinya, pria berada pada peranan penting, dimana ia diwajibkan untuk bekerja dan menafkahi keluarganya. Sementara wanita diperbolehkan bekerja apabila ia diizinkan oleh suami atau keuangan di keluarganya tidak mencukupi. Tugas utama seorang wanita ialah mengurus rumah dan anak-anaknya.

Kebudayaan Korea selatan untuk para janda atau duda yang ditinggal mati pasangannya. Mereka dilarang untuk menikah lagi dan harus mengabdikan hidupnya untuk sang mertua.


b. Keturunan
Di Korea Selatan, anak dipandang sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karana itu, setiap pasangan di sana disarankan untuk memiliki anak setidaknya satu.

Mereka sangat menghormati karunia Tuhan ini. Adapun bagi warganya yang sengaja melakukan aborsi, maka akan diberikan hukuman yang sangat berat. Untuk beberapa desa di wilayah pedalaman, mereka bahkan tega menghukum mati pelaku aborsi. Pembagian warisan akan adil. Namun ada juga orang yang tua yang sengaja memberikan warisan terbanyak kepada anak tertua mereka.


c. Makanan
Kebudayaan Korea Selatan di ranah kuliner mungkin bukan lagi hal yang awam. Kimchi misalnya. Kehadiran kimchi yang disandingkan hampir dalam setiap acara makan di korea membuat santap mereka semakin lengkap. Sayuran rendah kalori yang merupakan fermentasi dengan rempah-rempah pilihan ini menurut penelitian mengandung gizi yang lebih tinggi dari buah manapun.


d. Bahasa
Bahasa Korea ditulis dengan huruf yang kondang dengan sebutan Hangeul. Diciptakan oleh Raja Sejong pada abad ke 15. Hangeul terdiri dari 10 vokal dan 14 konsonan yang bisa dikombinasikan dengan banyak huruf dalam bahasa Korea. Hangeul juga diberi gelar sebagai bahasa paling sistematis dan scientific di dunia.


e. Pakaian
Pakaian tradisional Korea disebut Hanbok (Korea Utara menyebut Choson-ot). Hanbok terbagi atas baju bagian atas (Jeogori), celana panjang untuk laki-laki (baji) dan rok wanita (Chima).

Orang Korea berpakaian sesuai dengan status sosial mereka sehingga pakaian merupakan hal penting. Orang-orang dengan status tinggi serta keluarga kerajaan menikmati pakaian yang mewah dan perhiasan-perhiasan yang umumnya tidak bisa dibeli golongan rakyat bawah yang hidup miskin. Walaupun sudah jarang dipakai tetapi di beberapa event,hanbok masih dipakai sebagai pakaian khas Korea.

f. Festival Festival
Beberapa festival di Korea Selatan dibagi menjadi 4,menurut kalender 24 titik putaran,serta 15 hari digunakan untuk masa tanam atau panen pada zaman dahulu. Maka muncullah beberapa festival ini.

  • Seollal : imleknya Korea yang jatuh tepat bersamaan dengan tahun baru Imlek.
  • Daeboreum : festival bulan purnama pertama
  • Dano : festival musim semi
  • Chuseok : festival panen raya atau festival kue bulan


Kebudayaan Korea Selatan Unik Di Mata Orang Asing

a. Orang Korea terbiasa berbicara keras kepada siapapun, bawahan atau teman. Nada yang mereka pada seperti orang yang sedang memaki.

b. Berbeda dengan Indonesia, banyak pria Korea yang menjadi model kosmetik buatan negeri ini. Tidak tahu pasti apa yang membuat mereka mau menjadi model dan mempromosikan produk-produk kecantikan.

c. Penduduk di sana umumnya tidak bisa terlepas dari gadget. Ya, di halte, stasiun, dan tempat keramaian anda akan melihat orang Korea memegang handphone, memakai headset, dan tv pocket.

d. Mabuk
Kebudayaan Korea selatan yang selanjutnya mungkin jarang Anda temukan di negeri kita. penduduk korea tidak malu menggendong orang yang mabuk. Hal ini karena mereka tidak bisa sembarangan menyetop transportasi umum untuk mengantar mereka pulang.


Masih banyak kebudayaan Korea Selatan yang bisa Anda pelajari. Beberapa point di atas merupakan sebagian kecil diantaranya. Mungkin anda ingin mengetahui detail tentang Macam Macam Kebudayaan Korea Unik lainnya bisa langsung ke Korea Selatan. Karena banyak sekali tren dan kebudayaan yang masih belum kita tahu. Semoga bermanfaat,terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

0 komentar

Post a Comment